Sejarah dan cara membuat Google Forms

Sejarah terciptanya Google Forms Google Forms awalnya dimulai sebagai fitur Google Spreadsheet di tahun 2008, dua tahun setelah peluncuran asli Sheets. Anda bisa menambahkan formulir ke spreadsheet, memformatnya dalam lembar terpisah, dan melihat tanggapan formulir Anda di lembar lain. Itu dasar, tapi itu berhasil. Google menambahkan lebih banyak fitur ke Forms dari waktu ke waktu, […]

Sejarah terciptanya Google Forms

Google Forms awalnya dimulai sebagai fitur Google Spreadsheet di tahun 2008, dua tahun setelah peluncuran asli Sheets. Anda bisa menambahkan formulir ke spreadsheet, memformatnya dalam lembar terpisah, dan melihat tanggapan formulir Anda di lembar lain. Itu dasar, tapi itu berhasil.

Google menambahkan lebih banyak fitur ke Forms dari waktu ke waktu, lalu Google akhirnya mengubahnya menjadi aplikasi mandiri di awal tahun 2016. Sekarang Anda dapat membuat dan mengelola formulir di docs.google.com/forms, dengan template dan akses cepat ke semua formulir Anda di satu tempat.

Google Forms saat ini merupakan alat formulir berfitur lengkap yang tersedia gratis yang bisa Anda buat melalui akun Google Anda. Anda dapat menambahkan jenis pertanyaan standar, fitur Drag and Drop sesuai urutan yang Anda suka, menyesuaikan bentuk dengan tema foto atau warna sederhana, dan mengumpulkan tanggapan dalam Formulir atau menyimpannya ke Google Sheets Spreadsheet.

 

 

Cara Membuat Google Forms

Beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk membuat Google Forms:

  1. Dari forms.google.com, klik Blank atau pilih template.
  2. Dari drive.google.com, klik New > Lainnya. Di samping Google Forms, arahkan ke Panah kanan dan klik Blank form or From a template.
  3. Namai formulir Anda: Di pojok kiri atas, klik Untitled form atau nama formulir template dan masukkan nama baru.
  4. (Opsional) Tambahkan deskripsi: Di bawah nama form, tambahkan teks Anda.
  5. (Opsional) Ubah warna latar belakang atau tema: Klik palet (Palet Warna) lalu pilih warna atau tema.