Sejarah dan fitur google drive

Semakin majunya teknologi semakin banyak pula kemajuan yang kita rasakan, seperti halnya dalam media internet, sebuah perusahaan terkemuka Google Inc  telah membuat penyelesaian akan masalah media penyimpan. Seperti yang kita tahu bahwa media penyimpanan merupakan sebuah komponen penting dalam sebuah sistem informasi, namun media penyimpanan yang ada sebelumnya masih mempunyai kekurangan diantaranya kapasitas yang terbatas, […]

Semakin majunya teknologi semakin banyak pula kemajuan yang kita rasakan, seperti halnya dalam media internet, sebuah perusahaan terkemuka Google Inc  telah membuat penyelesaian akan masalah media penyimpan.

Seperti yang kita tahu bahwa media penyimpanan merupakan sebuah komponen penting dalam sebuah sistem informasi, namun media penyimpanan yang ada sebelumnya masih mempunyai kekurangan diantaranya kapasitas yang terbatas, keamanan data yang tidak terjamin, kurang mobilitas.Dari hal-hal tersebutlah maka Google menciptakan terobosan terbarunya pada tanggal

24 April 2012 yang diberi nama “Google Drive”. Google Drive adalah layanan penyimpanan dara dan sinkronisasi file dari Google. Dengan kata lain kita dapat menyimpan data kedalam sebuah server yang diakses melalui koneksi internet.

 

Fitur Google Drive

  1. Media penyimpanan 5GB.

Anda bisa menyimpan segala macam file kedalam Google Drive secara gratis.

 

  1. Preview isi file

Google Drive mampu mempreview lebih dari 30 tipe file. Dari file dokumen, gambar, video  bahkan file photoshop anda bisa langsung di preview walaupun anda tidak mempunyai photoshop di komputer anda.

 

  1. Integrasi Google Office Webapp (Office versi Google)

Google Drive terintegrasi dengan Office berbasis web. Jadi, Google Drive tidak hanya untuk mengupload file, bahkan hanya berbekal Web browser dan Google drive anda bisa membuat dokumen Word, Excel dan Presentasi dengan mudah. Cukup dengan Web browser, dimana saja kapan saja. Selain itu, anda juga bisa berkolaborasi dengan rekan anda saat edit dokumen secara realtime.

 

  1. History document

Google drive juga menyediakan history untuk setiap revisi dokumen yang anda buat. Misal  anda sedang mengedit dokumen hari ini dan ternyata setelah di save, anda ingin kembali ke versi dokumen sebelum di save. Semua itu bisa dilakukan di Google Drive .

 

  1. Integrasi dengan Aplikasi pihak ketiga

Di internet, saat sudah terdapat berbagai macam aplikasi berbasis web seperti Google doc diatas. Namun bagaimana seandainya anda ingin mengedit foto, merancang diagram dan aplikasi lain? Drive sudah terintegrasi dengan aplikasi berbasis web seperti lucidcart atau pixlr Editor serta beberapa aplikasi lain yang terus bertambah.

  1. Sinkronisasi antar Device

Google Drive memberikan layanan Sinkronisasi antar device, hal ini memungkinkan anda untuk mengkases dan berbagi data melalui device dan melalui sebuah account Google Drive.

 

  1. Berbagi file dan menempelkan file ke website 

Drive membolehkan anda berbagi file ke orang orang tertentu saja atau share secara global, Selain itu Drive juga membolehkan anda menempelkan dokumen ke dalam blog atau website anda.Dan satu lagi, semua itu bisa anda dapatkan secara GRATIS hanya dengan mendaftarkan di Google account. Artinya, jika anda sudah punya GMail, maka secara secara langsung anda juga sudah punya Google drive.

 

Kekurangan google drive

 

  1. Keharusan Memiliki User Google

Setiap pengguna yang ingin menggunakan google drive diharuskan untuk mempunya account Google, karena untuk setiap fitur dari Google anda diharuskan untuk melakukan login terlebih dahulu.

 

  1. Tampilan Yang Membingungkan

Tampilan atau Desain dari Google Drive dinilai cukup membingungkan bagi pengguna awan, Tetapi dengan adanya fasilitas help (petunjuk), pengguna kembali dimudahkan jika ada kesulitan dalam penggunaannya.