Sejarah Dan Fungsi MySQL

Pengertian MySQL Pada dasarnya MySQL adalah turunan salah satu konsep utama pada basis data yang sebelumnya sudah ada yaitu SQL (Structured Query Language). MySQL adalah sebuah implementasi dari RDBMS yang dapat digunakan secara bebas dab gratis dibawah lisensi GNU General Public License (GPL).  Namun terdapat MySQL yang dijual dibawah lisensi komersial untuk penggunaan fungsi database yang […]

Pengertian MySQL

Pada dasarnya MySQL adalah turunan salah satu konsep utama pada basis data yang sebelumnya sudah ada yaitu SQL (Structured Query Language). MySQL adalah sebuah implementasi dari RDBMS yang dapat digunakan secara bebas dab gratis dibawah lisensi GNU General Public License (GPL).  Namun terdapat MySQL yang dijual dibawah lisensi komersial untuk penggunaan fungsi database yang kurang cocok pada konsep GPL.
MySQL dibuat oleh TcX  yang dipercaya untuk mengelola system yang terdiri dari 40 buah database dengan 10.000 tabel, kemudian diantaranya memiliki 7 juta baris.

Sejarah

MySQL AB merupakan perusahaan komersial Swedia yang mensponsori dan yang memiliki MySQL. Pendiri MySQL AB adalah dua orang Swedia yang bernama David Axmark, Allan Larsson dan satu orang Finlandia bernama Michael “Monty”. Setiap pengguna MySQL dapat menggunakannya secara bebas yang didistribusikan gratis dibawah lisensi GPL(General Public License) namun tidak boleh menjadikan produk turunan yang bersifat komersial.

Pada saat ini MySQL merupakan database server yang sangat terkenal di dunia, semua itu tak lain karena bahasa dasar yang digunakan untuk mengakses database yaitu SQL. SQL (Structured Query Language) pertama kali diterapkan pada sebuah proyek riset pada laboratorium riset San Jose, IBM yang bernama system R. Kemudian SQL juga dikembangan oleh Oracle, Informix dan Sybase. Dengan menggunakan SQL, proses pengaksesan database lebih user-friendly dibandingan dengan yang lain, misalnya dBase atau Clipper karena mereka masih menggunakan perintah-perintah pemrograman murni.

Fungsi MySQL

 

MySQL mempunyai berbagai macam fungsi yaitu

Anda dapat memikirkan database MySQL sebagai wadah yang menyimpan string (text based) data. Gambar, media, file, file audio, dan hal hal alam yang benar benar tidak harus disimpan dalam database. Caranya adalah dengan meletakan file file pada server dalam foler dan hanya referensi nama dan path di database tersebut.

Berikut adalah beberapa jenis aplikasi PHP dan MySQL dapat membantu anda membuat:

  1. Situs Blog
  2. Custom Database Driver Website Dinamis (seperti developPHP)
  3. E-commerce dan Pemrograman Custom Toko Online
  4. Jaringan Sosial dan omunitas
  5. Guestbook
  6. Seluruh Website Dinamis
  7. Klien dan informasi Pelanggan.

 

 

Kelebihan MySQL
Adapun kelebihan MySQl dalam penggunaanya dalam database adalah:

  • Free atau gratis sehingga MySQL dapat dengan mudah untuk mendapatkannya.
  • MySQl stabil dan tangguh dalam pengoperasiannya
  • My SQl mempunyai sistem keamanan yang cukup baik
  • Sangat mendukung transaksi dan mempunyai banyak dukungan dari komunitas
  • Sangat fleksibel dengan berbagai macam program
  • Perkembangan dari MySQl sangat cepat

Kelemahan MySQL
Selain kelebihan yang disampaikan diatas, ada beberapa kekurangan yang dimiliki oleh mySQl, diantaranya:

  • Kurang mendukung koneksi bahasa pemrograman seperti Visual basic atau biasa kita kenal dengan sebutan VB, Foxpro, Delphi dan lain-lain sebab koneksi ini menyebabkan field yang dibaca harus sesuai dengan koneksi dari bahasa pemrograman visual tersebut.
  • Data yang dapat ditangani belum besar dan belum mendukung widowing function.