Sejarah domain .com

Domain.com diklaim pada 15 maret 1985 oleh produsen komputer bernama Symbolics, Inc. Sebelum ini, Internet sebagian besar merupakan proyek yang didorong oleh universitas dan ilmuwan komputer yang menggunakan jaringan untuk penelitian dan komunikasi. Semakin banyak orang dan institusi mulai menggunakan jaringan, komunikasi elektronik menjadi semakin menantang. Mencari tahu cara mengirim pesan secara manual melalui gateway […]

Domain.com diklaim pada 15 maret 1985 oleh produsen komputer bernama Symbolics, Inc. Sebelum ini, Internet sebagian besar merupakan proyek yang didorong oleh universitas dan ilmuwan komputer yang menggunakan jaringan untuk penelitian dan komunikasi. Semakin banyak orang dan institusi mulai menggunakan jaringan, komunikasi elektronik menjadi semakin menantang. Mencari tahu cara mengirim pesan secara manual melalui gateway adalah sesuatu bentuk seni dan karena beban email menjadi lebih berat, Terkadang orang akan diminta untuk berhenti menggunakan koneksi mereka. Kebutuhan akan semacam prinsip pengorganisasian menjadi semakin jelas karena semakin banyak entitas terhubung ke Internet yang baru berkembang. Membawa ketertiban ke alam semesta yang semakin kacau itu jatuh pada Jon Postel yang legendaris dan rekan-rekannya di University of Southern California Information Sciences Institute. Postel menjadi permintaan untuk komentar (RFC) editor pada tahun 1969.Sebagai editor RFC, Postel dan rekan-rekannya secara pribadi membentuk Internet seperti yang kita kenal sekarang. Pada bulan Oktober 1984, RFC 920 “tentang persyaratan mendirikan domain baru di ARPA-Internet dan komunitas riset DARPA” diterbitkan, pengaturan panggung untuk kelahiran .com. Sementara kita tahu bahwa .com pertama ditugaskan ke symbolics.com pada tanggal 15 Maret 1985, asal mula .com kurang jelas. Menurut Craig Partridge, kepala ilmuwan Raytheon BBN Technologies, nama untuk domain berevolusi ketika sistem dibuat. Pada awalnya, .cor diusulkan sebagai domain untuk perusahaan, tetapi ketika versi terakhir keluar itu dialihkan ke .com. Jack Haverty, pelopor internet di MIT, mengatakan bahwa mereka tidak benar-benar memikirkan bisnis saat mereka mengembangkan domain tingkat atas. “Saya pikir .com awalnya berasal dari “perusahaan” daripada ” komersial. ” .com itu tidak dianggap sebagai “bisnis” dalam artian tempat konsumen pergi untuk membeli barang, ” dia menulis dalam email. “Mereka adalah perusahaan yang melakukan pekerjaan kontrak pemerintah. Internet tidak disambungkan untuk melakukan interkoneksi bisnis  melainkan adalah jaringan prototipe perintah dan kontrol militer, sedang dibangun oleh badan pendidikan dan pemerintahan, dan kontraktor.” Namun, mereka tampaknya mengerti bahwa beberapa jenis perdagangan akan datang.

 

“Saya tidak ingat ada yang pernah berpikir kita sedang menciptakan struktur organisasi untuk mencakup ratusan juta entitas yang meliputi seluruh planet untuk mendukung semua kegiatan manusia. Dan itu tentu tidak seharusnya berlangsung selama 30 + tahun, bahkan sebagai percobaan. Kebetulan saja begini.”  kata Jack Haverty, Internet Pioneer

 

Peran Verisign di .com Setiap nama domain didukung oleh operator registri. Sebagai operator registri untuk .com, Verisign memungkinkan dunia terhubung online dengan keandalan dan keyakinan, kapan saja, di mana saja.
Dengan rata-rata pencarian 132 miliar DNS saat ini dilakukan setiap hari – dan mencapai puncak jauh lebih dari ini – sangat penting bahwa layanan Internet Verisign beroperasi setiap saat. Untuk memungkinkan hal ini, kami telah merancang layanan canggih dari bawah ke atas untuk menangani beberapa kompleks, permintaan volume tinggi real-time. Ini termasuk beragam perangkat keras, sistem operasi, middleware, dan aplikasi khusus, penyedia daya dan keragaman penyedia jaringan, dan sejumlah perlindungan lainnya. Verisign memastikan keamanan, stabilitas, dan ketahanan infrastruktur dan layanan Internet utama, termasuk .com dan .net domain dan dua server root Internet, serta melakukan fungsi pemelihara zona-root untuk inti DNS Internet. Komitmen kami adalah memastikan bahwa infrastruktur yang didukung oleh Verisign selalu beroperasi pada tingkat tertinggi untuk memungkinkan inovasi yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan masa depan, sementara juga menangani kebutuhan hari ini.