Sejarah domain .org

Manajemen Di bawah Solusi Jaringan / VeriSign .org diciptakan oleh Kelompok Kerja Jaringan yang dipimpin oleh  Jon Postel dan Joyce Reynolds bersama .com, .edu, .gov dan .mil pada tahun 1984 sebagai nama domain top-level terbuka dan tidak terbatas. Awalnya, operasi dari .org registry dikelola oleh SRI International Network Information Center (SRI-NIC); dikelola dari sana adalah penciptaan hingga […]

Manajemen Di bawah Solusi Jaringan / VeriSign

.org diciptakan oleh Kelompok Kerja Jaringan yang dipimpin oleh  Jon Postel dan Joyce Reynolds bersama .com, .edu, .gov dan .mil pada tahun 1984 sebagai nama domain top-level terbuka dan tidak terbatas. Awalnya, operasi dari .org registry dikelola oleh SRI International Network Information Center (SRI-NIC); dikelola dari sana adalah penciptaan hingga 1992.

Pada tahun 1993, Network Solutions mengasumsikan layanan pendaftaran dari .org di bawah perjanjian kerjasama dengan National Science Foundation (NSF) yang berlangsung sampai tahun 1998. Namun, pada tahun 1998, Departemen Perdagangan AS mengeluarkan Buku Putih sebagai tanggapan atas instruksi Pres. Bill Clinton untuk membentuk organisasi nirlaba baru untuk mengambil alih tanggung jawab dalam meningkatkan manajemen teknis Sistem Nama Domain Internet, sebagai hasilnya, kontrak Network Solutions ‘untuk mengelola layanan pendaftaran dari .org diperpanjang oleh Departemen Perdagangan sampai tanggal 30 September 2000. Pada tahun 1999, Network Solutions mengadakan perjanjian dengan ICANN untuk tetap sebagai operator registri dari .org gTLD sampai dengan 31 Desember 2002.

Transisi ke Manajemen Saat Ini
Kontrol Network Solutions berpindah tangan pada tahun 2000, ketika Verisign mengakuisisi kepemilikan saham mayoritas dengan harga USD 20 miliar. Selama pertemuan di Accra, Ghana pada bulan Maret 2002,
Dewan ICANN memutuskan permintaan proposal dari pihak-pihak yang tertarik untuk mengambil alih operasi registry .org TLD dari Verisign.

ICANN menerima 11 proposal pada bulan Juni 2002 dan menciptakan empat tim untuk mengevaluasi proposal. Tim-tim tersebut meliputi:

  • Gartner, Inc. – ditugaskan untuk mengevaluasi aspek teknis dari proposal·
  • Tim internasional Chief Information Officers – melakukan evaluasi teknis independen dengan menggunakan metodologi yang berbeda
  • Noncommercial Domain Name Holders Constituency of ICANN’s DNSO– responsible for usage evaluation of the proposals
  • ICANN’s General Counsel – mengevaluasi aspek prosedural dari penawaran.

Setelah mengevaluasi proposal, tim merekomendasikan kandidat ini untuk mensukseskan pengelolaan layanan pendaftaran .org dari Verisign:

Departemen Perdagangan menyetujui Pendaftaran Kepentingan Publik untuk mengambil alih pengelolaan registri .org TLD. PIR secara resmi mengambil fungsi operator registri .org pada tanggal 1 Januari 2003. Pada 2006, PIR memperbarui Perjanjian Pendaftaran .org dengan ICANN hingga 30 Juni 2013.