Sejarah Google Chrome

Google mengeluarkan browser terbaru yang diberi nama Google Chrome. Google Chrome diluncurkan karena para ahli ingin membuat browser dan membangun unsur-unsur terbaik yang benar – benar diperlukan. bukan hanya suatu browser, tetapi juga suatu platform modern untuk halaman web dan aplikasi. Lalu mereka meluncurkan versi beta ini untuk windows agar lebih luas, lebih sempurna dan […]

Google mengeluarkan browser terbaru yang diberi nama Google Chrome. Google Chrome diluncurkan karena para ahli ingin membuat browser dan membangun unsur-unsur terbaik yang benar – benar diperlukan. bukan hanya suatu browser, tetapi juga suatu platform modern untuk halaman web dan aplikasi. Lalu mereka meluncurkan versi beta ini untuk windows agar lebih luas, lebih sempurna dan lebih cepat. Google Chrome dibuat benar-benar menghabiskan waktu dan membutuhkan waktu yang lama,tenaga dan uang untuk meneliti sebuah perangkat browser yang terintegrasi dengan baik.

Google Chrome adalah sebuah web browser yang dirilis oleh Google menggunakan WebKit tata letak mesin dan kerangka aplikasi. Pertama kali dirilis sebagai versi beta untuk Microsoft Windows pada 2 September 2008, dan untuk publik rilis stabil pada 11 Desember 2008. Nama ini berasal dari GUI, atau “krom”, web browser. Sejak 3 Oktober 2009, Chrome adalah web browser yang paling banyak digunakan dari empat web browser yang sering digunakan di dunia yaitu 3,17% dari seluruh dunia. Pengembangan versi Chrome untuk Linux dan Mac OS X yang dirilis pada Juni 2009.
Google merilis seluruh kode sumber dari Chrome, termasuk mesin JavaScript V8 dipesan lebih dahulu sebagai proyek sumber terbuka berjudul Chromium, pada tahun 2008. Langkah ini memungkinkan pengembang dapat dilanjutkan ke Linux dan Mac OS X platform, selain bisa mempelajari kode sumber yang mendasari. Juru bicara Google juga menyatakan harapan bahwa browser lain akan mengadopsi V8 untuk membantu aplikasi web.

 

PERKEMBANGAN GOOGLE CHROME

Browser ini pertama kali dirilis untuk Microsoft Windows (Windows XP ke atas) pada 2 September 2008 di 43 bahasa, secara resmi versi beta. Hebatnya, dengan cepat Chrome sudah digunakan oleh 1% pengguna internet dunia. Mungkin terkesan kecil, namun untuk ukuran browser yang masih berumur jagung apalagi masih beta, 1% adalah pencapaian yang mengejutkan, sedangkan untuk MAC dan Linux masih dalam pengembangan. Pada bulan Maret 2009, itu adalah mungkin untuk membangun sebuah pra-versi alpha browser Chromium, yang terlihat mirip dengan Windows rilis, tapi masih sangat jauh dari lengkap. Pada tanggal 9 Januari 2009, berita CNET melaporkan bahwa Google merencanakan untuk merilis versi untuk MAC dan Linux dengan paruh pertama tahun ini. Versi Mac OS X dan Linux Google Chrome, berdasarkan Chromium, dibebaskan pembangunan saluran untuk Google Chrome pada tanggal 4 Juni 2009.
Mesin utama dalam Chrome adalah HTML render ringan yang bernama WebKit, itulah yang bertugas untuk memproses kode html membentuk halaman WEB . WebKit dikembangkan oleh Apple dan merupakan bagian dari proyek open source KDE. Browser Safari juga menggunakan WebKit sebagai mesinnya.
Sedangkan untuk mesin JavaScript, Chrome menggunakan V8. V8 dikembangkan oleh sekelompok peneliti dari Denmark. Dengan V8, Chrome diklaim mampu memproses javascript lebih cepat dari browser lainnya Di awal peluncurannya, Chrome sudah mendukung sekitar 43 bahasa. Kabar baiknya, bahasa Indonesia termasuk dari 43 bahasa yang ada pada browser ini. Padahal, sedikit aplikasi yang menyertakan bahasa sebanyak itu diawal peluncurannya.
Pada tanggal 2 September 2008, sebuah berita CNET menarik perhatian ke bagian dalam persyaratan layanan untuk rilis beta awal, yang tampaknya untuk memberikan Google License untuk semua konten yang ditransfer melalui browser Chrome. Bagian tersebut adalah bagian dari persyaratan layanan umum Google. Google mencatat bahwa perubahan ini akan berlaku bagi semua pengguna yang telah mendownload Google Chrome. Perusahaan menyatakan bahwa penggunaan metrik hanya dikirim ketika pengguna memilih dengan mencentang opsi membantu membuat Google Chrome lebih baik dengan secara otomatis mengirim statistik penggunaan dan laporan kerusakan ke Google bila browser diinstal.
Pada tanggal 7 Juli 2009, Google mengumumkan rencana untuk Google Chrome OS didasarkan pada Chrome browser dan Linux.Beta pertama dari Chrome versi 3 dirilis pada tanggal 23 Juli 2009 (3.0.193.2). Versi pertama ini untuk lulus tes Acid3 dalam setiap situasi dirilis pada 7 Agustus 2009 (3.0.197.11). Pada tanggal 15 September 2009, Google meluncurkan versi baru Chrome yaitu 3.0.195.21.