Sejarah IBM OS/2

Sangat penting untuk dapat memahami sejarah dari IBM OS/2. Sebuah sejarah juga menjadi prasyarat untuk memahami perbedaan dan persamaan antara antar Sistem Operasi dengan lingkungan saat ini. Pada tahun 1880an IBM menenukan beberapa teknologi yang akan dibisniskan. Julius E. Pitrap menemukan timbangan komputer pada tahun 1885 dan Alexander Dey menemukan dial recorder pada tahun 1888. […]

Sangat penting untuk dapat memahami sejarah dari IBM OS/2. Sebuah sejarah juga menjadi prasyarat untuk memahami perbedaan dan persamaan antara antar Sistem Operasi dengan lingkungan saat ini.

Pada tahun 1880an IBM menenukan beberapa teknologi yang akan dibisniskan. Julius E. Pitrap menemukan timbangan komputer pada tahun 1885 dan Alexander Dey menemukan dial recorder pada tahun 1888.

Kemudian Herman Hollerth menemukan sebuah  Electric Tabulating ditahun 1989 dan ditahun yang sama Williard Bundy menemukan alat ukur waktu kerja karyawan. Tanggal 16 Juni 1911 teknologi-teknologi tadi dan  sebuah perusahaan yang membuatnya kemudian digabungkan oleh Charles Ranlett Flint dan membentuk Computing Tabulating Recording Company.

https://upload.wikimedia.org/wikipedia/en/f/f0/Os2W4.png

Thomas J. Watson, Jr. menjadi presiden IBM ditahun 1952, dia mengakhiri kepemimpinan ayahnya yang sudah bekerja selama 40 tahun. IBM mengembangkan Bahasa pemograman ilmiah FORTRAN pada tahun 1957. Ditahun yang sama IBM juga mengembangkan sistem reservasi SABRE untuk American Airlines. Tahun 1965 IBM memindahkan markas pusatnya DARI New York City ke Armonk, New York. IBM banyak mendedikasi diri pada program peluncuran manusia kebulan oleh NASA pada sisa decade awal tahun 70an. Kemudian IBM mengenalkan IBM System/360 yang sangat populer dimasanya pada tanggal 7 April 1964. Pada tahun 1973 insinyur IBM George J. Laurer mengembangkan sistem Universal Product Code. Setelah beberapa bulan kemudian IBM memperkenalkan IBM 2660 pada Oktober 1973.

Saat IBM mengadakan perjanjian swap dengan World Bank, IBM memperkenalkannya dengan Swap Keunagan. IBM PC yang bernama IBM 5150 diperkenalkan tahun 1981, kemudian menjadi standar industri masa itu. Ditahun 1991 IBM menjual Lexmark, tahun 2002 IBM membeli bagian PwC. IBM memulai proyek untuk menuliskan nilai-nilai perusahaan dengan menggunakan teknologi Jam ditahun 2003.

Pada 2005 perusahaan menjual bisnis komputer personalnya kepada Lenovo. Ditahun 2009 IBM membeli perusahaan Software SPSS Inc. pada tahun 2006 IBM meluncurkan Secure Blue, sebuah desain perangkat keras berbiaya rendah sebagai enkripsi data yang dijadikan mikroprosesor. Ditahun 2011 IBM mendapat perhatian dunia saat berhasil menciptakan Watson. IBM merupakan salah satu penerima paten terbanyak dari pemerintah Amerika Serikat selama 19 tahun berturut-turut. 16 Agustus 2012 IBM mengumumkan rencana untuk membeli Texas Memory System, pada tanggal 27 Agustus 2012 IBM memngumumkan akan membeli Kenexa dengan $1.3.

OS/2 awalnya dibuat secara bersama-sama oleh Internasional Business Machine Corporation (IBM) dan Microsoft Corporation, untuk dijalankan pada komputer IBM PS/2, dan sebagai pengganti SO DOS yang sudah lama digunakan. OS/2 singkatan dari Operating System/2. SO ini dikembangkan oleh kedua perusahaan tersebut, dengan perjanjian Joint Development Agreement (JDA). Sistem Operasi tersebut didesain agar dapat menggunakan kekuatan penuh dari mikroprosesor Intel 80286 (modus terproteksi, multitasking, mendukung virtual memory, dan dapat membaca semua disk yang diformat yang menggunakan format DOS.