Sejarah Internet Relay Chat (IRC)

Internet Relay Chat (IRC) melahirkan gerakan obrolan modern. IRC adalah sistem obrolan Internet yang paling banyak digunakan, dan seperti yang sering terjadi dengan teknologi Internet , ditemukan oleh seorang mahasiswa pascasarjana, kali ini dari Eropa, bernama Jarkko Oikarinen di Universitas Oulu, Finlandia. Selama musim panas 1988, Oikarinen bekerja di Departemen Ilmu Pemrosesan Informasi universitas, di mana ia mengelola server Sun Unix […]

Internet Relay Chat (IRC) melahirkan gerakan obrolan modern. IRC adalah sistem obrolan Internet yang paling banyak digunakan, dan seperti yang sering terjadi dengan teknologi Internet , ditemukan oleh seorang mahasiswa pascasarjana, kali ini dari Eropa, bernama Jarkko Oikarinen di Universitas Oulu, Finlandia.

Selama musim panas 1988, Oikarinen bekerja di Departemen Ilmu Pemrosesan Informasi universitas, di mana ia mengelola server Sun Unix milik bank “tolsun.oulu.fi”, berjalan pada sistem papan buletin akses publik yang disebut OuluBox. Sebagian terinspirasi oleh program “rmsg” Jyrki Kuoppala, dan sebagian oleh Bitnet Relay Chat, Oikarinen memutuskan untuk meningkatkan program obrolan multi-pengguna yang sudah ada di OuluBox yang disebut MultiUser Talk (MUT), yang ditulis oleh Jukka Pihl, sendiri berdasarkan pada programbasi dasar kemudian tersedia di komputer Unix . Dia menyebut program yang dihasilkan IRC, dan pertama kali menyebarkannya pada akhir Agustus 1988.

Ketika IRC pertama kali mulai secara teratur hosting pengguna, Oikarinen meminta beberapa teman di Tampere University of Technology dan Helsinki University of Technology untuk mulai menjalankan server IRC untuk mendistribusikan beban. Perguruan tinggi lain segera bergabung. Markku Järvinen membuat program klien lebih bermanfaat dengan memasukkan dukungan untuk perintah editor Emacs, dan sebelum IRC panjang digunakan di seluruh Finlandia pada jaringan Finlandia, FUNET, dan kemudian di jaringan Skandinavia NORDUNET.

Oikarinen kemudian mendapat akun di mesin terkenal “ai.ai.mit.edu” di MIT universitas, di mana dia merekrut pengguna IRC pertama di luar Skandinavia, Mike Jacobs, dan memberikan perangkat lunak IRC kepada Vijay Subramaniam. Subramaniam memberikan perangkat lunak itu kepada teman-temannya Jeff Trim di Universitas Denver dan David Bleckmann dan Todd Ferguson di Oregon State University, yang mulai menjalankan IRC di mesin mereka “orion.cair.du.edu” dan “jacobcs.cs.orst.edu “masing-masing. Mereka mengirim email ke Jarkko dan memperoleh koneksi ke jaringan IRC Finlandia untuk membuat koneksi transatlantik, dan jumlah server IRC mulai berkembang pesat di Amerika Utara dan Eropa.

IRC menjadi terkenal bagi masyarakat umum di seluruh dunia pada tahun 1991, ketika penggunaannya meroket ketika pengguna masuk untuk mendapatkan informasi terkini tentang invasi Irak ke Kuwait, melalui tautan IRC fungsional ke negara yang tetap beroperasi selama seminggu setelah siaran radio dan televisi terputus.Internet Relay Chat kemudian disempurnakan pada saat perang gurun di tahun 1991. Antara periode ini, informasi diterima salurkan ke seluruh dunia. Sebuah keluarga dapat berkomunikasi dengan jarak beribu-ribu mil. IRC adalah sebuah tempat pertemuan untuk siapa saja yang membutuhkan informasi langsung up to date dan dapat dipercaya.

ircKegunaan IRC sangat membantu pada saat kerusuhan Los Angeles, saat pemboman Israel, pemilihan presiden di Amerika Serikat, dan juga penempatan Monica Lewlinsky. Jaringan IRC BBS makin dipercaya dalam kebebasan berbicara.