Sejarah linux foundation

Linux Foundation (LF) adalah konsorsium teknologi nirlaba yang ditugaskan untuk mendorong pertumbuhan Linux. Didirikan pada tahun 2007 dengan penggabungan Open Source Development Labs (OSDL) dan Free Standards Group (FSG), Linux Foundation mensponsori karya-karya pencipta Linux Linus Torvalds dan didukung oleh perusahaan-perusahaan sumber terbuka dan terkemuka, termasuk perusahaan teknologi besar seperti Fujitsu, HP, IBM, Intel, NEC, […]

Linux Foundation (LF) adalah konsorsium teknologi nirlaba yang ditugaskan untuk mendorong pertumbuhan Linux. Didirikan pada tahun 2007 dengan penggabungan Open Source Development Labs (OSDL) dan Free Standards Group (FSG), Linux Foundation mensponsori karya-karya pencipta Linux Linus Torvalds dan didukung oleh perusahaan-perusahaan sumber terbuka dan terkemuka, termasuk perusahaan teknologi besar seperti Fujitsu, HP, IBM, Intel, NEC, Oracle, Qualcomm, dan Samsung, serta pengembang dari seluruh dunia..

 

Linux Foundation bertanggung jawab untuk mempromosikan, melindungi, dan menstandarisasi Linux dengan “menyediakan layanan yang komprehensif untuk bersaing secara efektif dengan platform tertutup”.

Asal-usul Linux foundation dapat ditelusuri ke tahun 1993 ketika Patrick D’Cruze memulai daftar email Linux Internasional yang kemudian dikenal sebagai LI.

Pada tahun 1993 di Comdex, Bob Young memperkenalkan Mark Bolzern ke daftar LI dan tak lama kemudian Bolzern berbagi visinya dan diminta untuk “membuatnya” oleh para anggota daftar. Bolzern mendanai LI dan kegiatannya sampai yang lain akhirnya bergabung. Visi didefinisikan antara lain, entitas untuk menangani public relations tradisional atas nama Linus Torvalds, dan mengajukan untuk TradeMark atas nama Linus di antara banyak hal lain yang akan dijelaskan. Di bawah arahan Bolzern, LI menjadi kolaborasi vendor dan teknolog yang terkait Linux, menuju satu arah yang melayani semua orang (seluruh gerakan Linux) sesuai dengan visi aslinya. Menjadi jelas bahwa Bolzern tidak dapat terus menjadi CEO Solusi WorkGroup / LinuxMall DAN direktur eksekutif Linux International pada saat yang sama karena konflik kepentingan yang dirasakan. Begitu:

 

Pada pertengahan 1994 Bolzern dan Young merekrut Jon “maddog” Hall ke posisi Direktur Eksekutif, yang pada gilirannya mengajukan dokumen Korporasi atas nama Dewan Direksi yang baru sementara Bolzern juga tetap di Dewan, serta melanjutkan pameran dagang dan pemasaran terkemuka upaya sampai akhir 1999. Ini termasuk banyak perjalanan untuk Hubungan Pers dan Kelompok Pengguna oleh Bolzern, atau maddog. Bolzern juga mengatur dan mengelola peluncuran Linux Pavilions di pameran dagang utama pada saat itu seperti UniForum, Comdex, Usenix, dan akhirnya dengan maddog membantu mendirikan Atlanta Linux Showcase, kemudian membantu Larry Augustin (Anggota Dewan LI) dan Lembah Silikon Kelompok pengguna Linux membuat San Francisco Linux Expo. Terutama penting dalam kerangka waktu 94-98adalah pengajuan Merek Dagang Linux anti-penipuan yang dipimpin oleh LI . Sudah termasuk dalam rangkaian proyek-proyek LI pada pertengahan tahun 90-an adalah Linux Mark Institute , Linux Base Standard, Program Sertifikasi dan hubungan Trade Show & Press bersama dengan benar-benar menjadi asosiasi Vendor. Berikut ini adalah halaman yang menguraikan keanggotaan Linux International pada paruh kedua tahun 90-an. Daftar ini tidak disajikan sebagai alfabet, tetapi seperti yang disetujui dalam rangka prestasi untuk LI & Linux. Bolzern & maddog terus menyediakan sebagian besar dana hingga sekitar tahun 1998, ditambah dengan biaya vendor dan keanggotaan perorangan.

 

Karena semakin banyak individu dan sponsor bergabung dengan visi LI, pada tahun 1999 LI sudah menjadi Asosiasi Industri Non-Profit 501c6 yang netral untuk Linux dengan berkat Linus Torvalds, sementara Linus sendiri fokus pada pengembangan dan keunggulan teknis untuk Linux itu sendiri. Tujuan utama LI adalah untuk menjadi Organisasi Pemasaran Industri yang juga mendukung Program Sertifikasi terkait Linux, bersama dengan pengembangan Proyek dan Pendidikan yang penting. Visi itu sangat besar, ketika vendor besar mulai datang ke pesta dan berharap lebih banyak kecanggihan. Dengan demikian, lebih banyak bantuan dibutuhkan bahkan ketika Bolzern sedang terganggu karena istrinya didiagnosis mengidap kanker, dan maddog menjadi lelah karena beban itu. Dengan dukungan semua orang, Augustin mengambil tindakan dan menyarankan organisasi lain dibentuk untuk melanjutkan.

 

Pada tahun 2000, OSDL didirikan setelah mengajukan permohonan kepada Dewan Direktur Internasional Linux untuk sejumlah proyek fundamental yang masih menjadi bagian dari Yayasan Linux saat ini. OSDL adalah organisasi nirlaba yang didukung oleh konsorsium global yang bertujuan untuk “mempercepat penyebaran Linux untuk komputasi perusahaan” dan “menjadi pusat gravitasi yang diakui untuk industri Linux.” sementara Jon “maddog” Hall kemudian pergi ke arah yang berbeda dengan LI.org.

 

Pada tahun 2003, Linus Torvalds, pencipta kernel Linux yang tersedia secara gratis, mengumumkan ia akan bergabung dengan organisasi tersebut sebagai Anggota OSDL untuk bekerja penuh waktu pada versi Linux yang akan datang.

 

Pada 2007, OSDL bergabung dengan Free Standar Group, organisasi lain yang mempromosikan adopsi Linux. Pada saat itu, Jim Zemlin , yang mengepalai FSG, mengambil alih posisi sebagai direktur eksekutif Yayasan Linux [5] di mana dia tinggal hari ini.

 

Pada tanggal 11 September 2011, situs web Linux foundation dihapus karena pelanggaran yang ditemukan 27 hari sebelumnya, termasuk tetapi terbatas pada semua subdomain yang ada di The Linux Foundation, seperti Linux.com.  Bagian-bagian utama termasuk OpenPrinting  masih offline pada 20 Oktober 2011. Pemugaran selesai pada tanggal 4 Januari 2012 (meskipun satu situs, Linux Developer Network, tidak akan dipulihkan).

 

Pada Maret 2014, The Linux Foundation mengumumkan akan mulai membangun program MOOC dengan platform pendidikan nonprofit, edX . Tujuan dari kolaborasi ini adalah untuk melayani permintaan yang berkembang pesat untuk keahlian Linux dalam kendaraan yang tersedia untuk “siapa saja, di mana saja di dunia, kapan saja.” Pada titik ini, persembahan pertama mereka adalah kursus dasar “Pengenalan Linux”, tetapi sejak itu perpustakaan telah diperluas untuk memasukkan Intro ke Teknologi Infrastruktur Awan, Intro ke DevOps, dan Intro ke OpenStack.

 

Pada 16 November 2016, Linux foundation Mengumumkan bahwa Microsoft, yang secara tradisional dipandang sebagai pesaing, telah bergabung dengan organisasi ini sebagai anggota Platinum. Berita itu secara luas diakui sebagai bukti lebih lanjut dari pelukan industri perangkat lunak open source. Scott Guthrie , Wakil Presiden Eksekutif Microsoft Cloud dan Enterprise Group menjelaskan bahwa perusahaan “bersemangat untuk bergabung dengan Linux foundation dan bermitra dengan komunitas untuk membantu pengembang memanfaatkan pergeseran ke cloud cerdas dan pengalaman seluler.”

 

Linux foundation telah membawa sejumlah perubahan penting dalam industri open source pada tahun 2017. Pada KTT Open Source perdana di Los Angeles, koleksi Panduan Open Source untuk Perusahaan, dibuat dalam kemitraan dengan TODO Group dan manajer sumber terbuka / eksekutif , diumumkan untuk memberikan transparansi lebih lanjut ke proyek open source baru yang ingin memperkuat pendirian, strategi, dan mempertahankan kekuasaan mereka. Acara ini juga merupakan platform untuk mengumumkan Proyek CHAOSS foundation (untuk membangun platform untuk menganalisis proyek sumber terbuka.)  Meskipun ada persaingan di rideshare pasar, Uber dan Lyft menunjukkan kesatuan dalam mengumumkan dua proyek baru di bawah payung Cloud Native Computing Foundation (CNCF) di Open Source Summit.

 

Pada 23 Januari 2018, Linux foundation mengumumkan bahwa enam proyek jaringan sumber terbuka (ONAP, OPNFV , OpenDaylight , FD.io, PNDA, & SNAS) akan disatukan di bawah satu proyek payung yang disebut LF Networking Fund (LFN).  Arpit Joshipura, sebelumnya Direktur Jaringan dan Orkestrasi di yayasan menjadi Direktur Eksekutif LFN, sementara Heather Kirksey (sebelumnya direktur OPNFV,) menjadi VP foundation VF dari Linux foundation. Partisipasi dalam LFN bersifat sukarela untuk proyek-proyek jaringan dan bebas untuk memutuskan apakah atau tidak untuk bergabung dengan dana. Setiap proyek terus mempertahankan kemandirian teknisnya.