Sejarah Magnetic Storage

Sejarah Magnetic Disc Beberapa memory yang tergolong pada magnetic disk ini sendiri adalah Flopy Disk, IDE Disk, dan SCSI Disk. Magnetik disk sendiri terbuah dari piringan bundar yang terbuat dari logam atau plastik dimana permukaan dari bahan tersebut mempunyai sifat magnetic sehingga nanti bisa menghasilkan semacam medan magnet yang sangat diperlukan untuk proses baca tulis […]

Sejarah Magnetic Disc

Beberapa memory yang tergolong pada magnetic disk ini sendiri adalah Flopy Disk, IDE Disk, dan SCSI Disk. Magnetik disk sendiri terbuah dari piringan bundar yang terbuat dari logam atau plastik dimana permukaan dari bahan tersebut mempunyai sifat magnetic sehingga nanti bisa menghasilkan semacam medan magnet yang sangat diperlukan untuk proses baca tulis dari memory tersebut karena saat proses baca/ tulis menggunakan kepala baca yang disebut dengan head. Secara fisik bentuknya adalah piringan yang bisa memutar sesuai kontrolnya. Pada awal perkembangannya piringan disk ini mempunyai ukuran diameter 50 cm, namun saat ini sudah ada yang berukuran 3 cm dan didominasi oleh ukuran 12 cm.

Sebagai aturan, ukuran media yang telah pindah dari yang sangat besar dan sangat tidak efisien, untuk kecil dan ultra-efisien. Kita telah melihat pita magnetik dengan lebar 2-inci digantikan oleh mikro-mini disk memegang ratusan kali kapasitas dan dengan lebih redundansi.

 

Sejarah Magnetic Tape

Pada tahun 1950-an magnetic tape telah digunakan pertama kali oleh IBM untuk menyimpan data. Saat sebuah rol magetic tape dapat menyimpan data setara dengan 10.000 punch card, membuat magnetic tape sangat populer sebagai cara menyimpan data komputer hingga pertengahan tahun 1980-an.

 

Sejarah Perkembangan Hardisk

Pada tahun 1934 IBM menawarkan Reynold bekerja di perusahaan itu dia di tawarkan bekerja dan di tempatkan di Laboratorium IBM yang berada di Colombia University dan menjadi kepala Endicott Laboratorium di New York ,pada tahun 1952 dia dan timnya di kirim oleh IBM ke San Joe,California dia di tugaskan untuk meneliti tentang sistem penyimpanan data dan ketika di tugaskan oleh IBM dia dan timnya juga meneliti tentang perangkat Random Access Memory(RAM) dan beberapa tahun kemudian ia dan timnya menyelesaikan penelitian tentang RAM tersebut dan sepertinya dari situlah cikal bakal RAM mulai di kembangkan,Johnson dan timnya memperkenalkan hasil dari penelitianya yaitu RAMAC(Random Access Methode Acounting Control) alat tersebut dapat menyimpan data sebesar 5MB dan memilki ukuran 50×24 inci dan disk berupa magnet tersebut dapat berputar hingga 1200 RPM dan berfungsi sebagai pembaca dan penulis (read&write)

Kemudian pada tahun 1956 dia dan timnya memperkenalkan berupa alat seperti Har Disk yang di beri nama RAMAC 350 dan hasil dari alat itu di beli oleh perusahaan Crown Zellerbach

Johnson semasa bekerjanya di IBM pun mendapatkan berbagai penghargaan akan hasil kerja kerasnya tersebut,salah satunya ia di beri penghargaan pada tahun 1986 National Medal Of Science dan dia pun berhak memperoleh 90 hak cipta atas kerja kerasnya tersebut.

Berikut adalah contoh link Magnetic Storage.

https://www.youtube.com/watch?v=Ep-yM894mQQ&t=39s