Sejarah Spreadsheet

Spreadsheet merupakan aplikasi komputer yang mensimulasikan kertas, akuntansi worksheet. Aplikasi ini menampilkan beberapa sel biasanya dalam kotak matriks atau dua dimensi terdiri atas baris dan kolom. Setiap selnya berisi teks alfanumerik, nilai numerik atau rumus. Rumus menentukan bagaimana isi sel yang akan dihitung dari isi sel lain (atau kombinasi dari sel-sel) setiap kali setiap sel […]

Spreadsheet merupakan aplikasi komputer yang mensimulasikan kertas, akuntansi worksheet. Aplikasi ini menampilkan beberapa sel biasanya dalam kotak matriks atau dua dimensi terdiri atas baris dan kolom. Setiap selnya berisi teks alfanumerik, nilai numerik atau rumus. Rumus menentukan bagaimana isi sel yang akan dihitung dari isi sel lain (atau kombinasi dari sel-sel) setiap kali setiap sel diperbarui. Spreadsheet yang sering digunakan untuk informasi keuangan karena kemampuan mereka untuk menghitung ulang seluruh halaman secara otomatis setelah perubahan ke satu sel dibuat.

Dimensi pseudo ketiga matriks kadang-kadang digunakan sebagai lapisan lain, atau / lapisan lembaran, data dua dimensi.
VisiCalc biasanya dianggap sebagai spreadsheet elektronik pertama (walaupun ini telah ditantang), dan membantu mengubah komputer Apple II menjadi sukses dan sangat membantu dalam aplikasi luas mereka. Lotus 1-2-3 adalah spreadsheet terkemuka ketika DOS adalah sistem operasi dominan. Excel sekarang memiliki pangsa pasar terbesar di platform Windows dan Macintosh.
‘Spreadsheet’ A batch tidak dapat dibedakan dari sebuah kompiler batch dengan data input menambahkan, menghasilkan laporan output (yaitu sebuah program batch komputer 4GL atau konvensional, non-interaktif,). Namun, konsep spreadsheet elektronik yang dicantumkan di koran 1961 “Penganggaran Model dan Simulasi Sistem” oleh Richard Mattessich.
Karya berikutnya oleh Mattessich (1964a, Chpt 9,. Akuntansi dan Metode analitik) dan volume pendamping nya, Mattessich (1964b, Simulasi Kantor melalui Anggaran Program Komputer) diterapkan spreadsheet komputerisasi untuk sistem akuntansi dan penganggaran (pada komputer mainframe diprogram dalam FORTRAN IV). batch Spreadsheets ini ditangani terutama dengan penambahan atau pengurangan seluruh kolom atau baris (variabel input) – bukan ‘sel’ individu.
Pada tahun 1962 ini ‘konsep’ dari spreadsheet (disebut BCL untuk Usaha Komputer Language) diimplementasikan pada IBM 1130 dan pada tahun 1963 adalah porting ke IBM 7040 oleh R. Brian Walsh di Marquette University, Wisconsin.
Program ini ditulis dalam Fortran. timesharing primitif tersedia pada mesin tersebut. Pada tahun 1968 BCL adalah porting oleh Walsh ke mesin IBM 360/67 timesharing di Washington State University. Itu digunakan untuk membantu pengajaran keuangan untuk mahasiswa bisnis. Siswa mampu mengambil informasi disusun oleh profesor dan memanipulasinya untuk mewakili dan menunjukkan dll rasio Pada tahun 1964, Sebuah buku berjudul Bahasa Komputer Bisnis ditulis oleh Kimball, Stoffells dan Walsh dan baik buku dan program hak cipta pada tahun 1966 dan tahun kemudian hak cipta yang telah diperbaharui. Pada 60-an BCL Xerox digunakan untuk mengembangkan versi yang lebih canggih untuk sistem berbagi-pakai mereka.

FUNGSI SPREADSHEET

Dari ulasan tadi, spreadsheet mampu menyimpan informasi secara lengkap, dan setiap kolom dapat menyimpan aspek informasi yang berbeda dari informasi seseorang.

Misalnya saja orang dengan rekening tertentu dalam perusahaan tertentu, dapat menyimpan informasi lengkap seputar nama depan, belakang, alamat, nomor telephone, makanan favorit, dll. program dan fungsi spreadsheet ini memang dibuat untuk menganalisis sebuah data secara detail, terperinci dan cepat.

Contohnya saja menganalisis daftar orang yang makanan favoritnya sate, menghitung jumlah orang yang tinggal dilokasi tertentu, atau melakukan perhitungan lainnya.

Banyaknya kelebihan ini membuatnya sering pula dikatakan mirip dengan database. Bedanya adalah spreasheet lebih ramping dibandingkan database, terutama berguna untuk nomor pengolahan. Dari fungsi inilah yang membuatnya biasa dipergunakan dalam aplikasi spreadsheet ilmiah dan keuangan.

kelebihan menggunakan Google Spreadsheet:

  1. Multi platform (karena bisa berjalan via browser, bisa digunakan untuk berbagai operating system baik Windows, Linux ataupun Mac OS)
  2. Multi Device (Tidak hanya bisa digunakan untuk komputer / laptop. Telah tersedia untuk versi smartphone juga).
  3. Otomatis tersinkronasi apabila kita melakukan pengeditan dalam satu device.
  4. Tersedia berbagai macam template siap pakai untuk mempermudah pekerjaan kita.
  5. Dapat membuka berkas office lainnya, dapat pula di eksport ke pdf, atau berkas .xls milik Microsoft Excell.
  6. Bisa digunakan secara bebas (free), syaratnya adalah akun gmail yang dapat dibuat secara gratis. Satu email berbagai layanan.

kekurangan menggunakan Google Spreadsheet:

  1. Tidak direkomendasikan untuk daerah/kondisi yang sulit internet
  2. Tidak semua kemudahan dalam Microsoft Office Excell tersedia, meskipun demikian fitur-fitur yang ditawarkan sudah sangat powerfull dan sangat layak untuk digunakan.