Sejarah Windows Era Awal Hingga Windows 98

Memahami sejarah Windows tentunya menjadi hal yang penting dizaman yang modern ini, dari munculnya Windows 1.0, Sebenarnya windows 1.0 ini memiliki 4 versi, yang pertama adalah Windows 1.0.1 dirilis tanggal 20 November 1985. Sekitar setengah tahun kemudian sekitar bulan Mei 1986 kembali merilis untuk versi kedua yakni Windows 1.0.2, tetapi kedua versi tersebut masih belum […]

Memahami sejarah Windows tentunya menjadi hal yang penting dizaman yang modern ini, dari munculnya Windows 1.0, Sebenarnya windows 1.0 ini memiliki 4 versi, yang pertama adalah Windows 1.0.1 dirilis tanggal 20 November 1985. Sekitar setengah tahun kemudian sekitar bulan Mei 1986 kembali merilis untuk versi kedua yakni Windows 1.0.2, tetapi kedua versi tersebut masih belum memiliki kamajuan.  Pada bulan Agustus 1986 muncul versi Windows 1.03 dengan membawa kemajuan, yaitu memiliki kecocokan driver dengan keyboard merk Eropa dan layar lebih bagus, dan driver untuk printer. Untuk versi ke empat muncul dengan versi Windows 1.0.4 yang dirilis pada April 1987. Membawa keunggulan kompatibel dengan komputer IBM PS/2, tetapi belum mempunyai VGA Graphics Mode.

Microsoft Icn. merilis Windows 2.0 yang ternyata berhasil berkembang dipasar dunia dengan berkat Windows 1.0, selanjutnya merilis Windows 2.1 sampai 2.03. Windows 3.0 dirilis tanggal 22 Mei 1990. Windows yang memiliki kemampuan dukungan kartu grafis SVGA atau XGA dan icon. Microsoft menyediakan Software Development Kit agar para developer piranti lunak bisa mengembangkan aplikasi supaya dapat berjalan diWindows 3.0. Windows 3.1 dikembangkan oleh Microsoft dengan peningkatan minor terhadap Windows 3.0, dan didalamnya juga terdapat banyak perbaikan terhadap bug dan dukungan terhadap multimedia. Windows ini juga menghilangkan dukungan modus real, sehingga hanya berjalan dengan modus terproteksi.

Pada waktu yang sama Microsoft merilis Windows For Workgroups sebagai tambahan untuk Windows 3.1 dan kemampuan jaringan dalam sebuah paket. Windows ini memiliki dua versi, Windows For Workgroups 3.1 dan Windows For Workgroups 3.11. Versi tersebut terus menerus meningkatkan penjualan Windows versi 3.x

 

 

 

http://www.one1samba.co.il/sites/3215/images/itempics/cat2_6305.jpg

Setelah merilis Windows For Workgroups kemudian Microsoft merilis Windows 95, Dalam masa pengembangan Windows ini dirilis pada tanggal 24 Agustus 1995. Windows 95 ini sudah terintegrasi dengan 32-bit TCP/IP juga sudah mendukung jaringan internet, dial-up networking, dan dukungan plug and play.

Windows NT, Dave Culture, merupakan salah satu peminpin arsitek Sistem Operasi VMS diperusahaan Digital Equipment Corporation (DEC), yang selanjutnya dibeli Compaq yang merupakan bagian dari Hewlett-Packard. peningkatan dari Windows NT yang besar salah satunya adalah Application Programming Interface (API) 32-bit baru, dibuat untuk menggantikan Windows API 16-bit. Windows merilis Windows NT 4.0 sebagai penerus Windows 3.x. Windows ini mempunyai antar muka yang sama dengan Windows 95, tapi menggunakan kernel yang sama dengan Windows NT, sehingga membuatnya lebih stabil.

Yang terakhir adalah Windows 98, Tanggal 25 Juni 1998 Microsoft merilis SO Windows yang dikenal dengan Windows 98. Windows ini di sebut-sebut sebagai revisi minor Windows 95, tetapi lebih stabil dan dapat diandalkan. Pada tahun 1999 Microsoft merilis Windows 98 Second Edition. Versi ini memperkenalkan sebuah mesin didalam sebuah jaringan lokal agar dapat menggunakan satu buah jalur koneksi internet secara bersama-sama.

Perkembangan Windows terus berjalan sehingga membuat orang-orang berfikir bahwa Windows versi ini merupakan yang paling stabil. Tetapi walaupun begitu Microsoft terus melakukan perkembangan Windows agar dapat menjadikan Windows tersebut semakin baik dan dapat melakukan banyak kemampuan yang akan dengan mudah meringankan pekerjaan seseorang.