Tentang CSS/UI Framework dan 3 contohnya

Sebagai web developer, pasti sudah sering mendengar kata framework, terutama PHP framework dan Javascript Framework. Framework adalah sekumpulan fungsi, class, atau API yang siap pakai. Tujuan adanya framework adalah mempercepat proses development dan membuat standarisasi coding. Hal lain yang paling penting dari adanya framework adalah menghilangkan konsep “don’t reinvent the wheel” alias jangan mengerjakan sesuatu […]

Sebagai web developer, pasti sudah sering mendengar kata framework, terutama PHP framework dan Javascript Framework. Framework adalah sekumpulan fungsi, class, atau API yang siap pakai. Tujuan adanya framework adalah mempercepat proses development dan membuat standarisasi coding. Hal lain yang paling penting dari adanya framework adalah menghilangkan konsep “don’t reinvent the wheel” alias jangan mengerjakan sesuatu yang sudah di kerjakan oleh orang lain atau sudah pernah dikerjakan sebelumnya

CSS framework adalah library CSS yang digunakan untuk membuat standarisasi layout dan thema dari website. Dengan CSS framework kita bisa membuat Front-end website dengan cepat mengingat layout dan tampilan sudah disediakan.  Jika kita bandingkan dengan PHP framework dan Javacript framework, maka tugas masing masing adalah sebagai berikut:

  • PHP Framework , mempercepat proses development dari logic bisnis aplikasi (back end)
  • Javascript framework mempercepat proses developmet untuk AJAX, animasi, UI dan interaksi dengan User.
  • CSS Framework bertugas membuat tampilan layout yang standar, rapih, dan tampil sempurna disetiap browser atau device.

Saat ini, sudah ada puluhan CSS Framework di internet. Jika anda ingin mencari di Google, gunakan query “List CSS framework”. Namun, daripada anda bingung memilih CSS framework, saya rekomendasikan 5 CSS framework yang popular.

3 contoh CSS framework

Bootstrap

Salah satu CSS Framework yang cukup populer adalah Bootstrap. Bootstrap adalah salah satu css framework open source untuk membuat design website dan design aplikasi web. Slogan dari framework ini adalah “Sleek, intuitive, and powerful front-end framework for faster and easier web development”, yang berarti kita dapat mendesain sebuah website dengan lebih rapi, cepat dan mudah.

Bootstrap menyediakan komponen berupa layout tampilan, form, button dan typography.

Skeleton

Skeleton adalah CSS Framework yang mengutamakan kesederhanaan dan mengusung konsep Responsive Design. Ukuran dari framework ini sangat kecil. Selain itu Skeleton mempunyai keunggulan antara lain ringan, simple, responsive, dan mudah dipelajari  Framework Skeleton ini juga sudah support dan menyediakan layout tampilan, form, button dan Typography.

PureCSS

Dikutip dari resminya PureCSS  dibuat oleh para pembuatnya agar simple dan berukuran kecil untuk digunakan. Dengan ukuran 4.0KB Pure sudah mampu digunakan dengan semua fitur dan module yang ada di CSS Framework yang satu ini. Seperti pada CSS Framework lainnya PureCSS mempunyai komponen antara lain Komponen Layout , Form , Button ,Table dan komponen lainnya.