Tentang Framework Javacript dan macamnya

Apa itu Framework Javacript?   Sama seperti sebelumnya, Framework itu adalah kerangka kerja. Kerangka kerja yang memudahkan kita menyelesaikan suatu pekerjaan. Jadi Framework Javascript adalah Javascript yang telah diatur menjadi suatu pola yang memudahkan kita dalam penggunaannya. Awal pengembangan Framework Javacript dimulai saat memasuki era Web 2.0, generasi kedua dari layanan berbasis web dimana lebih […]

Apa itu Framework Javacript?

 

Sama seperti sebelumnya, Framework itu adalah kerangka kerja. Kerangka kerja yang memudahkan kita menyelesaikan suatu pekerjaan. Jadi Framework Javascript adalah Javascript yang telah diatur menjadi suatu pola yang memudahkan kita dalam penggunaannya.
Awal pengembangan Framework Javacript dimulai saat memasuki era Web 2.0, generasi kedua dari layanan berbasis web dimana lebih meniktikberatkan pada kolaborasi online, sharing content antar pengguna dan lebih terarah ke User Content Generated.

Nah, berdasarkan kebutuhan akan konsep dan paradigma baru dalam pengembangan aplikasi berbasis web tersebut maka dalam pengembangannya diperlukan suatu sistem alur kerja yang bisa memudahkan dalam menciptakan aplikasi berbasis web yang canggih dan interaktif. Salah satu yang sering digunakan para developer tersebut adalah JavaScript Framework/Libraries dimana didalamnya terdapat JavaScript yang telah ditulis sedemikian rupa dimana sangat membantu dalam pengembangan sebuah Aplikasi Web, terutama dalam pengembangan AJAX (Asynchronous JavaSript And XML). Sebuah teknik pemanggilan cepat tanpa melakukan reload terhadap suatu page.

Dengan JavaScript Libraries tersebut para programmer bisa dengan mudah mengimplementasikan paradigma WEB 2.0 yang baru seperti User interface yang dinamik dan sangat interaktif kepada usernya.

 

Macam-macam framework javascript

1. jQuery

2. MooTools

3. Prototype & script.aculo.us

4. YUI

5. Midori

6. Ext JS

7. Google web toolkit

8. DHTMLX

9. Dojo Toolkit

10. Exho3 (Beta)

11. MochiKit

12. Pyjamas

13. SweetDEV RIA

14. SmartClient

15. Rialto

16. qooxdoo

17. ZK