Tentang MongoDB

MongoDB MongoDB merupakan salah satu database NoSQL dengan basis dokumen yang sangat populer saat ini, MongoDB didirikan oleh tiga serangkai yang terdiri dari Kevin Ryan, Eliot Horowitz, dan Dwight Meriman. Ketiganya tergabung di MongoDB Inc. dan berperan pada jabatannya masing — masing. Kevin menjabat board member, Dwight Merriman menjabat sebagai chairman, dan Eliot menjabat sebagai CTO di MongoDB Inc. MongoDB menawarkan […]

MongoDB

MongoDB merupakan salah satu database NoSQL dengan basis dokumen yang sangat populer saat ini, MongoDB didirikan oleh tiga serangkai yang terdiri dari Kevin Ryan, Eliot Horowitz, dan Dwight Meriman. Ketiganya tergabung di MongoDB Inc. dan berperan pada jabatannya masing — masing. Kevin menjabat board member, Dwight Merriman menjabat sebagai chairman, dan Eliot menjabat sebagai CTO di MongoDB Inc.

MongoDB menawarkan fitur high performancehigh availability, dan automatic scaling, MongoDB menggunakan Javascript untuk melakukan operasi seperti CRUD, agregasi, indexing, dan operasi database lainnya, karena MongoDB menggunakan javascript maka dalam penyimpanan datanya MongoDB tidak menggunakan table, tetapi MongoDB menyimpan datanya dalam suatu dokumen yang strukturnya seperti JSON.

 

  • Kelebihan
  1. Performa yang ditawarkan MongoDB lebih cepat disebabkan oleh memcached dan format dokumennya yang berbentuk seperti JSON
  2. Kita tidak perlu membuat struktur tabel, karena MongoDB akan otomatis membuatkan struktur tabelnya pada saat proses insert (fleksibel skema)
  • Kekurangan
  1. Belum banyak hosting yang support
  2. fleksibelitas dalam query (sebagai contoh tidak adanya JOIN)