Tentang ReactJS

ReactJS merupakan sebuah library dari facebook yang dapat digunakan untuk membangun antarmuka pengguna. Pada bagian ini kita akan mencoba menggunakan React untuk membangun aplikasi sederhana, untuk melihat konsep-konsep inti yang ditawarkan oleh React. Sebelum mulai mencoba menggunakan React, beberapa prasyarat yang diperlukan yaitu: React Starter Kit untuk berbagai file dari React jQuery,sebagai library pendukung Jika sudah mengambil […]

ReactJS merupakan sebuah library dari facebook yang dapat digunakan untuk membangun antarmuka pengguna. Pada bagian ini kita akan mencoba menggunakan React untuk membangun aplikasi sederhana, untuk melihat konsep-konsep inti yang ditawarkan oleh React.

Sebelum mulai mencoba menggunakan React, beberapa prasyarat yang diperlukan yaitu:

  1. React Starter Kit untuk berbagai file dari React
  2. jQuery,sebagai library pendukung

Jika sudah mengambil kedua kebutuhan di atas, ekstrak React Starter Kit ke dalam sebuah direktori dan jalankan sebuah web server lokal (misal:http-server) di dalamnya. Seluruh eksperimen kita akan dijalankan dari direktori ini.

  1. ReactJS sangat efisien

ReactJS membuat DOM (virtual) nya sendiri pada komponen yang Anda. Cara ini memberikan sebuah fleksibilitas yang tinggi pada developer dan performa yang luar biasa dapat diperoleh karena ReactJS melakukan kalkulasi terhadap perubahan apa yang perlu dibuat di DOM dan melakukan update pada DOM yang sesuai. Dengan cara ini React menghindari operasi DOM yang berlebihan dan melakukan update DOM dengan cara yang efisien.

2. Library Javascript

Sintaks JSX merupakan perpaduan yang sangat bagus dan sehat antara Javascript dan HTML. Hal ini digunakna khusus di ReachJS. JSX menyederhanakan seluruh proses penulisan komponen untuk website dan aspek HTML memungkinkan developer untuk membuat fungsi tanpa menggabungkan (concatenating) string.

Keuntungan lain React adalah ini membuat penggunaan API lebih lepat dan asli, dan sebagai hasilnya, antrian bisa bekerja pada berbagai platform.

3. Sangat bagus untuk SEO

Salah satu tantangan utama saat bekerja dengan framework Javascript adalah mereke sama sekali tidak baik untuk mesin pencari, walaupun belakangan ini sudah mulai banyak perbaikan.

Anehnya, React.js cukup menonjol dalam hal ini, karena Anda dapat menjalankan React.js pada server dan DOM virtual akan dikembalikan dan diberikan kepada browser sebagai halaman web biasa. Tidak memerlukan trik lainnya.

4. Fokus pada antarmuka

React Native jauh lebih fokus pada tampilan antarmuka dibandingkan dengan MeteorJS, Firebase dan AngularJS. Hal ini tentu memberikan para pengguna Anda tampilan yang sangat responsif dengan bantuan interaksi Javascript antara lingkungan asli perangkat dan React Native. Sebagai hasilnya, ini akan dapat meningkatkan waktu muat (loading) aplikasi dan membantu untuk tetap berjalan dengan sangat lancar tanpa interupsi.

5. Sangat mudah dan lain dari yang lain

Ketika Anda memulai proyek Anda dengan React, jangan lupa untuk menginstal ekstensi Chrome resmi untuk ReactJS. Hal ini akan membuat proses debugging aplikasi menjadi lebih mudah.

Setelah menginstall ekstensi, Anda dapat melihat langsung ke dalam virtual DOM seperti ketika Anda sedang berada pada sebuah DOM biasa dalam panel elemen. Ini cukup menarik tentunya.