The legend of Hardawe

Jika kita mendengar kata legend pasti kita akan langsung teringat pada sesuatu yang terjadi di masalalu. Meskipun terkadang masalalu itu adalah hal yang tidak enak untuk dikenang, tapi kali ini kita akan membahas masalalu yang cukup penting untuk kita ungkap. Karena pada artikel sebelumnya kita telah mempelajari tentang definisi hardware, maka kita sekarang akan membahas […]

Jika kita mendengar kata legend pasti kita akan langsung teringat pada sesuatu yang terjadi di masalalu. Meskipun terkadang masalalu itu adalah hal yang tidak enak untuk dikenang, tapi kali ini kita akan membahas masalalu yang cukup penting untuk kita ungkap.

Karena pada artikel sebelumnya kita telah mempelajari tentang definisi hardware, maka kita sekarang akan membahas tentang legenda dari perkembangan hardware/komputer.

Sejarah komputer dimulai pada tahun 1940-1959, generasi pertama dalam sejarah perkembangannya. Komputer pada generasi ini memiliki karakteristik seperti, ukurannya yang masih sangat besar sehingga butuh ruangan yang luas dengan kapasitas 500m2. Pemrosesannya masih lambat, mesinnya mudah panas, daya yang dibutuhkan sangat besar mencapai 140 kilowatt. Masih harus memnggunakan tabung hampa udara (Vacum Tube), memory yang digunakan masih magnetic  Core Storage, menggunakan bahasa mesin (Machine Language) dan menggunakan stored program.

Ini adalah salah satu jenis komputer pada perkembangan komputer generasi pertama.

Beralih ke tahun selanjutnya yaitu 1959-1964, pada generasi ke II komputer jenis ini lebih sering digunakan untuk kepentingan bisnis oleh beberapa perusahaan dikarenakan ukurannya sudah jauh lebih kecil dari pada komputer generasi sebelumnya. Selain itu juga pada generasi ini manusia sudah mulai kenal dengan printer, memori, hardisk dan juga disket ataupun sistem operasi. Ini adalah salah satu contoh komputer generasi ke II. Berikut ini salah satu contohnya.

 

Beralih ke perkembangan komputer generasi selanjutnya yaitu generasi ke III. Komputer generasi ke III ini merupakan hasil dari penggabungan beberapa komponen yang disempurnakan tampilannya dari komputer sebelumnya. Selain itu komputer generasi ketiga sudah menggunakan teknologi Integrated Circuit atau biasa disebut dengan IC. Pendirinya adalah Texas Instruments dan Fairchild Semiconductor pada 1959 yang awalnya hanya memiliki 5 transistor dan kemudian IC bisa memiliki miliaran transistor.

Berikut ini salah satu contohnya.

 

Next, perkembangan komputer generasi ke IV. Kira-kira apa yan  yang baru dari komputer generasi ke IV ini? komputer generasi ke IV ini merupakan lanjutan dari perkembangan komputer generasi ke III. Hanya saja komputer generasi ke IV menggunakan IC yang lebih kompleks dan juga terintegrasi daripada yang sebelumnya. Pada 1971 INTEL memperkenalkan sebuah microkomputer 4 bit yang menggunakan chip prosesor yang diberi nama  4004 yang terdiri dari 230 transistor dan berjalan pada 108 KHz yang memiliki kemampuan mengakses 60.000 operasi perdetik. Dan satu tahun kemudian INTEL mampu menggembangkan kembali microkomputer tersebut yang diberi nama 8008 yang awalnya hanya 4 bit menjadi 8 bit informasi pada generasi tersebut.

Perkembangan komputer generasi ke IV ini cukup pesat karena penggunaannya di bidang industri dan juga bagi teknologi informasi dikarenakan komputer ini sangat memberikan peran penting bagi perkembangan teknologi yang sangat dibutuhkan oleh manusia. Berikut ini contohnya.

 

Komputer generasi ke V ini mulai berkembang pada tahun 1980-an, pada akhir 1980 sebuah perusahaan bernama IBM mulai merancang sebuah PC secara masal. Tepatnya pada 12 Agustus 1981 PC tersebut dinamai dengan IBM-PC. Prosesor yang digunakan pada waktu itu adalah prosesor 8088/8086 sebuah standar komputer yang menggunakan basis proses 18 bit persatuan waktunya. IBM juga bekerjasama dengan Microsoft sebagai salah satu langkahnya untuk mengembangkan softwarenya. Sebuah perusahaan yang dipelopori oleh William Bill Gates seperti Intel dan juga Microsoft yang juga turut serta mengembangkan sebuah PC yang dikenal dengan sebutan PC Compatible. Selain itu perkembangan komputer generasi ke V telah mengganti Chip dengan sebuah Josepson junction yang awalnya Chip hanya mampu memproses miliaran operasi perdetik kini mampu memproses triliyunan operasi perdetik. Dengan adanya komputer generasi ke V ini timbulah sebuah rencana untuk mengembanngkan lagi komputer di masa depan dengan membuat komputer yang memiliki Artificial Intelligence (AI).

Nah ini adalah contoh komputer generasi ke V.