Tipe/Ukuran Motherboard Komputer

Motherboard ATX Salah satu tipe motherboard yang paling popular sejak tahun 1995. Motherboard ATX memiliki ukuran sekitar 30.5cm x 24.4cm. Motherboard tipe ini bisa cukup masuk ke tipe case model mid-tower hingga full tower namun tidak akan cukup untuk masuk ke case mini tower. Dengan keunggulan ukuran, maka semakin besar juga kapasitas dari perangkat yang […]

  1. Motherboard ATX

Salah satu tipe motherboard yang paling popular sejak tahun 1995. Motherboard ATX memiliki ukuran sekitar 30.5cm x 24.4cm. Motherboard tipe ini bisa cukup masuk ke tipe case model mid-tower hingga full tower namun tidak akan cukup untuk masuk ke case mini tower. Dengan keunggulan ukuran, maka semakin besar juga kapasitas dari perangkat yang bisa dipasangkan pada motherboard tipe ini. Terkadang pada 1 motherboard bisa terdapat 2 hingga 3 slot VGA card, hingga 8 slot RAM.

 

  1. Motherboard Mini ITX

Motherboard yang kepopulerannya mulai naik daun. Awalnya motherboard ini dibuat untuk processor C3 dari VIA dengan listrik kecil. Kemudian mulai dikembangkan untuk processor AMD dan Intel. Motherboard ni berukuran sekitar 17cm x 17cm. Motherboard model ini cocok untuk komputer kecil. Walaupun ukurannya kecil, terkadang performa yang ditawarkan tidak kalah dengan Motherboard ukuran ATX.

 

  1. Motherboard Micro ITX

Model terakhir yang kita bahas adalah Micro-ATX yang ukurannya sangat tanggung. Menggunakan ukuran 24.4cm x 24.4cm, motherboard ini bisa dipasang di model case slim dan juga mid-tower. Terkadang, pada motherboard ini tidak terdapat chipset VGA dan soundcard. Dengan keterbatasan ini, tak heran jika motherboard tipe ini tidak begitu populer.

 

  1. Motherboard Extended-ATX

Model ini sangat langka, merupakan perpanjangan ukuran dari model ATX. Ukurannya sekitar 30.5cm x 3.30cm. Karena ukurannya yang berbeda, motherboard ini membutuhkan case khusus yang tidak sama dengan model motherboard yang lain. Motherboard model ini memiliki keistimewaan terdapat slot processor lebih dari 1. Extended-ATX merupakan motherboard yang khusus dibuat untuk komputer server dan workstation.

  1. Pico ITX

Merupakan pengembangan berikutnya dari Mini – ITX, motherboard Pico – ITX memiliki ukuran yang lebih kecil, yaitu hanya sekitar 100 x 70 mm.

 

  1. Nano ITX

MOtherboar Nano – ITX ini memiliki ukuran yang lebih besar diabanding Pico-ITX, yaitu sekitar 120 x 120 mm.

  1. NLX

NLX (New Low Profile Extended), diseain oleh intel pada tahun 1997. NLX hanya memiliki 1 slot ekspansi. Ukurannya 254 x 228 mm.