WordPress vs Blogger (Blogspot)

Blogger Jika Anda menggunakan blogger, Anda tidak perlu membayar biaya hosting atau tempat penyimpanan, jika penggunaan akun Google Anda belum melebihi 15GB. Anda hanya perlu membuat akun Google, langkahnya sama seperti daftar Gmail, bedanya Anda perlu mengakses Blogger.com.   Blogger sendiri merupakan layanan yang dimiliki oleh Google dan Anda tidak memiliki kontrol penuh. Sehingga sewaktu-waktu […]

  1. Blogger

Jika Anda menggunakan blogger, Anda tidak perlu membayar biaya hosting atau tempat penyimpanan, jika penggunaan akun Google Anda belum melebihi 15GB. Anda hanya perlu membuat akun Google, langkahnya sama seperti daftar Gmail, bedanya Anda perlu mengakses Blogger.com.

 

Blogger sendiri merupakan layanan yang dimiliki oleh Google dan Anda tidak memiliki kontrol penuh. Sehingga sewaktu-waktu jika Anda dianggap melanggar syarat dan ketentuan mereka maka website Anda bisa dihapus kapan pun. Untuk berjaga-jaga, maka Anda perlu melakukan backup konten blog Anda.

 

  1. WordPress

Sedangkan, jika Anda menggunakan WordPress sebagai platform untuk website Anda, maka Anda perlu membeli hosting di layanan seperti Niagahoster untuk menyimpan data website.

 

Anda bebas menentukan seberapa lama website akan diaktifkan dan Anda adalah pemilik utama data website yang disimpan pada server hosting, sehingga Anda memiliki kontrol penuh untuk mengelolanya.

 

Keamanan

  1. Blogger

Salah satu keuntungan menggunakan Blogger, website Anda cukup aman karena dikelola oleh Google, dengan syarat Anda menggunakan template default. Anda tidak perlu repot mengelola penggunaan sumber daya server atau mengamankan blog Anda. Meskipun website Anda dapat dihapus sewaktu-waktu oleh pihak Blogger.

 

  1. WordPress

WordPress dikenal sebagai platform yang terbilang memiliki tingkat keamanan yang baik karena script selalu diperbaharui secara berkala.  Untuk kontrol sepenuhnya ada pada Anda, sehingga harus melakukan backup sendiri. Ada banyak plugin yang tersedia untuk memudahkan hal tersebut, silakan baca artikel mengenai plugin wajib WordPress.