Sejarah Disk Operating System atau DOS

DOS adalah sistem operasi yang sebenarnya ada di komputer kita. Sayangnya tidak banyak yang mengetahui bahwa sebenarnya Windows dibangun dari pondasi DOS.

Hallo! Pasti banyak dari kalian yang sudah mengenal DOS, tapi apakah kalian sudah tahu sejarah DOS? Mungkin kalian juga bingung sejarah DOS itu bagaimana? Mari kita simak bareng.

Disk Operating System

Seattle Computer Products adalah perusahaan yang pertama kali membuat DOS. Perusahaan ini di kepalai oleh Tim Patterson, yang belakangan direkrut oleh Microsoft dalam pengembangan MS-DOS, pada tahun 1980. Microsoft membeli DOS dengan harga 25 ribu dolar (non-eksklusif lisensi) yang kemudian “dibungkus” dan dijual oleh Microsoft dengan nama Q-DOS (Quick Dirty Operating System).

Selanjutnya QDOS diubah namanya menjadi 86-DOS karena desain QDOS dengan prosesor intel 8086. Microsoft kemudian membayar tambahan 50 ribu dolar untuk mendapatkan lisensi eksklusif lalu mengubah namanya menjadi MS-DOS. Microsoft juga mengembangkan dan “membungkus” versi lain dari MS-DOS dengan nama PC-DOS untuk IBM PC.

Awalnya IBM PC-DOS dirilis lebih lambat dari MS-DOS. Setelah versi 4.0, PC-DOS dan MS-DOS adalah sistem operasi yang identik. Selama waktu tersebut, Microsoft juga mengembangkan penerus DOS dengan nama OS/2. Dalam perjanjiannya dengan IBM, Microsoft juga diperbolehkan menjual DOS ke perusahaan komputer lain, dengan nama MS-DOS.

MS-DOS mengalami perkembangan yang cukup cepat, dengan fitur-fiturnya yang signifikan yang telah diambil dari beberapa Sistem Operasi lain seperti Microsoft Xenix. Salah satu varian dari Sistem Operasi Unix yang dikembangkan oleh Microsoft. Juga DR-DOS yang merupakan milik Digital Research, dan juga produk-produk utilitas lain seperti Norton Utilities dari Symantec Corporation, merupakan produk adopsi sama halnya dengan Microsoft Disk Defragmenter, PC-Tools dari Central Points. MS-DOS juga mengadopsi EMM (Expanded Memori Manager) QEMM dari Quarterdeck ( yang sebelumnya juga produk adopsi seperti EMM386), disk compression DriveSpace dari Stac Electronics, dan masih banyak produk lainnya yang diadopsi.

Saat Intel Corporation memperkenalkan mikroprosesor baru dengan sebutan Intel 80286, IBM dan Microsoft mulai dengan proyek Sistem Operasi yang baru sebagai pengganti DOS yang disebut OS/2, yang merupakan versi MS-DOS yang berjalan di modus terproteksi (protected mode). Tetapi Microsoft akhirnya meninggalkan proyek OS/2 untuk lebih mefokuskan diri dengan pengembangan Microsoft Windows dan Microsoft Windows NT.

GEM merupakan sebuah antarmuka grafis yang dibuat oleh Digital Research, tapi sangat belum populer pada komputer IBM PC atau yang kompatibel. Ternyata GEM mendapat pasarnya pada mesin komputer ATARI ST, walaupun akhirnya disalip oleh Microsoft lagi dengan versi Windows 3.0.

Diatas telah dijelaskan sejarah DOS semoga bermanfaat, terima kasih.