Kehilangan Sebuah Domain: Apa Artinya Bagi Perusahaan Anda dan Para Klien Anda?

  Ada sebuah cerita dimana sebuah perusahaan telah kehilangan domainnya. Domain yang biasa mereka gunakan untuk menghubungkan mereka dengan para kliennya tersebut telah diambil oleh orang lain. Apa alasannya? Alasan sepelenya adalah perusahaan tersebut lupa untuk memperpanjang  nama domain mereka di waktu yang telah ditentukan. Ketika mereka sudah menyadari bahwa ada masalah dengan hal tersebut, […]

 

Ada sebuah cerita dimana sebuah perusahaan telah kehilangan domainnya. Domain yang biasa mereka gunakan untuk menghubungkan mereka dengan para kliennya tersebut telah diambil oleh orang lain. Apa alasannya? Alasan sepelenya adalah perusahaan tersebut lupa untuk memperpanjang  nama domain mereka di waktu yang telah ditentukan. Ketika mereka sudah menyadari bahwa ada masalah dengan hal tersebut, apa boleh buat semuanya telah terlambat. Karena apa? Ternyata ada seseorang yang telah mendaftarkan nama domain yang sudah expire tersebut dengan menggunakan pelayanan pendaftaran domain, dengan  menggunakan sebuah layanan pendaftaran domain anonim.

Tentunya situasi ini akan menimbulkan sebuah bahaya yang besar. Karena ketika seorang klien mencoba untuk terhubung ke domain tersebut secara online, pelanggan akan diarahkan ke sebuah situs web yang tidak berafiliasi dengan perusahaan. Meskipun untuk saat ini situs web tersebut tidak mendapatkan ancaman, ataupun digunakan untuk tujuan kejahatan, bisa saja hal tersebut terjadi suatu saat nanti tanpa kita ketahui kapan waktunya.

Mengapa ini disebut sebagai masalah besar?

Sebuah kesalahan yang sangat mahal ketika anda lupa untuk memperpanjang pendaftaran domain anda. Kami akan sedikit bercerita, pada bulan September 2015 lali, Google sengaja menjual nama domain mereka sebesar $12. Namun setelah menyadari kesalahan tersebut, akhirnya merekapun membatalkan transaksi tersebut. Namun pada akhirnya mereka masih harus membayar lebih dari $10.000 untuk mendapatkannya kembali. Bayangkan ya dari yang menjualnya seharga $12 menjadi $10.000 untuk mendapatkannya kembali. Begitu mahalnya nama domain anda tersebut jika anda mau menyadarinya mulai dari sekarang. Karena bagi sebuah perusahaan yang matang domain merupakan sebuah aset berharga.

Uang adalah salah satu hal yang bisa anda  relakan ketika anda kehilangan domain anda. Ketika sebuah domain tidak diperpanjang pada waktu yagn sudah ditetapkan, maka domain tersebut bebas untuk dilepas dan siapapun bisa membelinya. Hal lini berarti jika anda kehilangan domain anda, hal yang bisa anda lakukan hanyalah menebusnya kembali kepada orang yang sudah mendaftarkan nama domain tersbut, tentunya dengan menggunakan tebusan yang tidak murah, itupun jika orang tersebut mau melepaskannya untuk anda.

Ketika anda sudah kehilangan domain anda, seseorang bisa membiarkan agar domain tersebut diregistrasikan oleh orang lain dan digunakan untuk tujuan kejahatan. Jika domain tersebut sudah berada ditangan yang salah, maka domain anda dapat digunakan untuk menyebarkan malware ataupun digunakan untuk mendapatkan akses ke informasi pribadi pada penggunanya. Tentunya hal ini dapat menempatkan identitas perusahaan anda dalam bahaya dan juga berdampak pada integritas dari perusahaan anda tersebut.

Bagaimana anda bisa mencegah hal buruk ini agar tidak terjadi di perusahaan anda?

Sangat penting bagi anda untuk mengambil beberapa langkah guna mencegah situasi seperti ini supaya tidak terjadi pada perusahaan anda. Sebagai registrar domain, kami memahami betapa pentingnya melakukan perpanjangan domain pada waktu yang tepat. Jika anda memiliki nama domain untuk bisnis anda, hal terpenting yang harus anda lakukan adalah memperpanjangnya setiap tahun. Jika anda lupa, mungkin hal semacam ini akan terjadi pada anda dan bisnis anda.

https://jogjaweb.co.id/blog/kehilangan-domain-apa-artinya-bagi-perusahaan-dan-para-pengguna

 

4 tips untuk yang bisa membantu anda mengingat kapan waktu memperpanjang domain anda:

  • Buatlah sebuah kalender tahunan untuk mengingatkan pada telepon atau komputer anda.
  • Buatlah pengaturan perpanjangan otomatis melalui akun pengaturan anda.
  • Buatlah informasi WHOIS anda supaya selalu up to date.
  • Daftarkan domain anda untuk beberapa tahun kedepan.

Kehilangan domain adalah suatu hal yang sebenarnya sangat mudah untuk dihindari. Jangan sampai menempatkan bisnis anda dan juga pelanggan anda pada posisi yang buruk karena kesalahan anda yang lupa memperpanjang nama domain.

Sudahkah anda memiliki domain yang terdaftar dengan kami? Pastikan untuk mengaktifkan perpanjangan otomatis, dan atau seringlah membuka sms atau email anda karena kami akan selalu  mengingatkan anda ketika domain anda sudah waktunya di perpanjang baik itu lewat sms maupun email.

 

Dipublikasikan oleh Neti Isnaini pada 19/01/2017. Belum ada komentar

Tulis komentar anda